Penyebab Penghasilan Adsense Tidak Kunjung Bertambah

Pendapatan adsense tidak berubah - Google adsense selalu menarik dan selalu menjadi pembahasan di kalangan blogger. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh para blogger ke blogger lain yang di anggap lebih paham dan lebih senior di dunia adsense. Berkecimpung di dunia adsense sedikit banyak membuat saya mengerti cara mengatasi berbagai keluhan kecil-kecilan tentang adsense. Saya pernah mendapatkan pertanyaan dari blogger yang beli akun adsense kepada saya, mengapa pendapatan adsense saya tidak bertambah? artinya saldo harian yang ada di dashboard adsense tidak berubah atau tetap nol.
Penyebab penghasilan adsense sedikit

Jika ada pertanyaan demikian, maka akan saya ajukan beberapa pertanyaan untuk mencari tahu penyebab mengapa penghasilan adsense tidak kunnjung bertambah. Coba perhatikan pertanyaan berikut :

  • Sudah berapa lama anda memasang iklan adsense? Ada beberapa blogger yang mengira bahwa setelah iklan dipasang maka penghasilan akan langsung bertambah. Biasanya blogger nubie yang terlalu berambisi ingin mendapatkan uang dari adsense. Setelah iklan anda pasang, iklan tidak langsung tampil dan memberikan penghasilan. Melainkan masih membutuhkan waktu supaya iklan tampil. Dari beberapa kasus, ada yang hanya  membutuhkan waktu kurang dari 15 menit, ada juga yang sampai beberapa hari baru tayang. Intinya sabar dahulu.
  • Apakah akun adsense anda hosted atau nonhosted? Dari beberapa kasus, anda perlu melihat jenis akun adsense anda jika penghasilan pada dashboard adsense tidak bertambah bahkan tetap nol. Jika ternyata akun adsense anda jenis hosted, dan anda pasang di blog dengan domain TLD, maka iklan anda selamanya tidak akan tayang sebelum akun adsense di upgrade ke jenis nonhosted. Baca dahulu cara membedakan adsense hosted dan adsense nonhosted. Selain anda harus mengupgrade akun adsense nonhosted, ada opsi lain yaitu daftar adsense baru menggunakan domain TLD untuk mendapatkan akun adsense nohosted. Silahka baca tips cara sekali daftar google adsense langsung diterima full approve.
  • Sudah berapa banyak jumlah pengunjung anda perhari? Tidak dapat dipungkiri bahwa pengunjung adalah faktor utama agar penghasilan adsense anda meningkat tajam. Jika penghasilan adsense anda tidak bertambah bahkan tetap nol. Coba instropeksi dulu, sudah berapa banyak pengunjung kita perhari? Disini saya bicara tentang pengunjung, bukan pageview/tampilan laman. Blog teman saya, punya pengunjung 1000+/hari dengan tampilan laman sebanyak 9000++/hari saja belum bisa mendapatkan $2/hari. Tapi jangan berkecil hati dulu, niche memang sangat berpengaruh terhadap penghasilan. Blog saya(bukan yang ini), hanya punya pengunjung 300+/hari dengan tampilan laman 1000+/hari bisa menghasilkan $2-$10/hari. Intinya jika penghasilan anda tak kunjung bertambah, silahkan tingkatkan pengunjung blog terlebih dahulu.
Dari 3 pertanyaan diatas, ada beberapa faktor penting yang ingin saya sampaikan mengapa penghasilan adsense anda tidak kunjung bertambah. Semoga beberapa tips yang saya berikan mampu meningkatkan penghasilan adsense anda.

Mindset umum seorang blogger adalah dengan memasang iklan adsense, memiliki traffik, akan membuat pengunjung melakukan klik iklan dan penghasilan bertambah. Tidak, jika anda hanya berfikir demikian maka penghasilan dari adsense tak akan bertambah banyak. Jika anda ingiin berpenghasilan minimal 6 digit angka setiap bulan, anda harus merubah mindset tersebut dan mengatur semuanya.

Tips agar penghasilan adsense bisa maksimal...

Salah satu faktor yang membuat penghasilan adsense bertambah adalah adanya klik iklan dari pengunjung. Sehingga untuk memaksimalkan iklan agar menarik pengunjung untuk melakukan klik iklan adalah sebagai berikut: 
  1. Memilih ukuran iklan yang tepat, google sendiri memberikan tips agar penghasilan adsense anda maksimal. Yaitu mengatur ukuran iklan adsense yang sesuai dengan tata letak blog anda. Jangan sampai ukuran iklan malah mengganggu pengunjung dan kurang responsive. Lalu berapa ukuran iklan adsense yang bagus? Silahkan baca, ukuran iklan tersukses menurut google.
  2. Memasang iklan ditempat yang tepat, Memasang iklan di blog hendaknya jangan sembarangan. Perhatikan bagian mana saja yang sekiranya dapat dijangkau pengunjung. Semakin banyak iklan yang terlihat oleh pengunjung maka kesempatan di klik juga semakin besar. Untk letak iklan yang mampu memberikan impresi klik yang besar menurut pengalaman saya adalah di bawah header, di awal artikel, dan di akhir artikel. Hendaknya kurangi pemasangan iklan secara berlebihan agar tidak mempengaruhi kecepatan loading blog.
  3. Memblokir iklan yang tida sesuai topik blog, untuk bisa mendapatkan klik dari pengunjung, maka anda harus memperhatikan minat pengunjung. Jika blog anda membahas tentang otomotif, maka sudah dipastikan minat pengunjung yang mampir ke blog tertarik dengan dunia otomotif. Dengan demikian menayangkan iklan otomotif sangat berpeluang besar untuk mendapatkan klik. Silahkan blokir iklan yang tidak sesuai topik blog anda.
Jangan berhenti untuk melakukan eksperimen dengan google adsense, lakukan eksperimen terus menerus hingga penghasilan anda menembus 6 sampai 8 digit perbulan. Semoga dengan tips diatas penghasilan adsense bisa meningkat tajam.

1 Comments:

avatar

terima kasih informasinya

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Punakawanku.
Tinggalkan komentar anda disini...

Klik untuk berkomentar