Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Sebenarnya ngapain sih ada orang yang sok jadi penulis blog dan menyebut dirinya seorang blogger? Saya pernah mendapatkan pertanyaan demikian dari salah satu teman. Saya sendiri memaklumi, karena kita tidak bisa menyalahkan orang yang belum mengerti dan paham. Sama seperti saya dulu, bahkan lebih parah lagi. Masih mending dengan pertanyaan diatas, berarti ngerti dengan adanya blogger. Lah saya, apa itu blog saya ndak tahu. 
Manfaat dan keuntungan menjadi seorang blogger
Tapi justru dari ketidaktahuan itulah muncul rasa ingin tahu hingga sekarang saya terjun kedalam dunia blogging. Tapi jangan disebut seorang blogger ya, karena masih jauh banget. Dan masih terus banyak belajar. Beda dengan mereka yang udah konsisten nulis, punya banyak pembaca setia, udah ngasilin jutaan rupiah setiap bulan dari blognya. Kalau saya sendiri masih belum bisa konsisten, pengunjung masih ribuan alias di atas seribu per hari, hehehe. Jadi masih perlu kerja keras dan terus menulis... 

Pada kesempatan kali ini saya akan bahas apa saja manfaat dan keuntungan menjadi seorang blogger. Meskipun saya ini masih baru, tapi saya merasakan manfaat yang luar biasa, selain manfaat banyak keuntungan yang saya dapatkan semenjak suka dengan dunia blogging. Ngeblog adalah salah satu hobi yang tidak jauh dari kegiatan menulis. Ya, emang menulis adalah satu-satunya cara untuk menghidupkan sebuah blog agar menjadi besar. Latar belakang saya terjun kedunia blog, tentu salah satu faktornya adalah ingin mengasah kemampuan menulis. Kapan lagi punya wadah untuk menulis dan bisa ditemukan dan dibaca banyak orang lewat google.

Terjun kedunia blogging merupakan langkah yang sangat tepat, apalagi untuk anak muda atau kids jaman now. Hehehe... Saya terkadang merasa eman, ada anak smp yang udah pinter nulis tapi cuma di status facebook. Hanya akan dibaca oleh teman facebook, kemudian akan hilang setelah beberapa hari. Bayangkan saja jika dia menulis di blog, maka tulisan tersebut akan mudah ditemukan banyak orang melalui google. Disinilah salah satu manfaat menekuni blog, tulisan kita akan lebih bermanfaat untuk banyak orang. Andai saja blog dikenalkan lebih dulu ke anak sekolah ketimbang sosial media. Saya juga nyesel, mengapa kenal blog baru-baru ini. Kenapa gak dari dulu. Tapi apalah arti penyesalan, semua udah berjalan dengan sebagaimana mestinya. Yang penting sekarang semangat, semangat dan semangat untuk menulis. 

Tulisan ini saya buat juga karena udah lama gak nulis, terakhir nulis saat mendapat job mereview Blibli.com seminggu yang lalu. Rasa rindu untuk nulis selalu muncul, bahkan banyak rindunya tapi bingung apa yang mau ditulis. Sebenarnya apa saja sih manfaat dan keuntungan menjadi seorang blogger? 

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

1.Manfaat dan Keuntungan dari segi Intelektual

  • Rajin membaca, sudah sangat jelas bahwa menulis itu butuh banyak imformasi. Untuk bisa menghasilkan tulisan yang bagus, seorang blogger harus punya banyak sumber referensi. Dari mana itu? Pertama dari pengalaman pribadi, dan yang kedua dari banyak membaca. Saya yakin, jika anda seorang blogger yang membahas seputar kecantikan misalnya. Maka selain pengalaman, anda juga harus banyak membaca tulisan tentang kecantikan agar tulisan yang dihasilkan lebih berkualitas. Selain dari pengalaman juga didukung referensi yang jelas.
  • Mengasah kemampuan menulis, membuat blog merupakan langkah yang sangat tepat sebagai media untuk melatih kemampuan menulis. Orang yang nol tidak bisa menulis sama sekali, jika terus dilatih maka tidak ada yang tidak mungkin. Contohnya saya, dulu untuk bisa membuat 1 paragraf tulisan di blog membutuhkan waktu hingga 2 jam bahkan 3 jam. Kadang saking lamanya tulisan tersebut gagal saya tulis. Tapi dengan konsistensi, lambat laun kemampuan menulis saya sedikit ada peningkatan. Menulis bisa dimulai dengan membahas apa saja, lebih bagus jika sesuai minat dan hobi. Karena akan lebih memudahkan anda dalam menyajikan tulisan. Suka dengan game, ya tulislah seputar game. Suka dengan traveling, ya tulislah seputar traveling. Suka dengan fiksi, ya tulislah seputar fiksi. Intinya disini adalah, untuk menjadi penulis tidak harus bisa menerbitkan karya dalam sebuah buku. Tapi dengan blog, anda bisa menulis sesuai bakat dan minat. Dan selamat, anda sudah menjadi penulis. Tulisan anda di blog akan ditemukan banyak orang melalui google. 
  • Menambah wawasan seputar blog, dasar pemograman, dasar-dasar website, jujur semenjak saya mengenal blog dan mengelolanya secara mendiri, mau tidak mau saya harus belajar tentang blog. Mulai struktur template dengan berbagai bahasa pemograman mulai javascript, css, dll sampai apa saja hal-hal yang harus diperhatikan diluar menulis artikel. Belajar mengenal webmaster tool google, bing, yahoo, yandex agar blog dan artikel kita cepat terindeks di mesin pencari. Belajar tehnik SEO agar artikel bisa bersaing di halaman teratas mesin pencari. Intinya menjadi seorang blogger memberikan manfaat yang luar biasa. Bayangkan saja jika anda kursus, tentunya butuh biaya yang tidak murah agar bisa memahami dasar-dasar web.

2. Manfaat dan Keuntungan dari segi Psikologis

  • Senang dan Bangga karena tulisan kita bermanfaat untuk banyak orang, jika kita membuat tulisan berdasarkan pengalaman. Pasti akan banyak orang yang terbantu dengan pengalaman kita. Saya masih ingat, dulu tulisan saya tentang penipuan dari telkomsel dengan memanfaatkan mandiri e-cash. Sampai sekarang masih nangkring di halaman pertama google dengan keyword penipuan telkomsel mandiri dll. Dengan tulisan tersebut, banyak orang yang terhindar dari penipuan. Karena disaat mulai curiga, orang akan cenderung melakukan pencarian di google untuk mencari kebenarannya. Dan saat di cari di google, artikel saya muncul dihalaman teratas. Atau bisa juga jika anda menulis seputar wisata, maka artikel tersebut akan bermanfaat memberikan informasi kepada mereka yang mau berkunjung ke wisata tersebut. Dan membantu memviralkan tempat wisata tersebut, sehingga mampu mendatangkan banyak pengunjung. 
  • Dikenal banyak orang, ada beberapa tipe blogger. Ada yang secara terang-terangan mencantumkan identitas diri sebagai author blog, ada juga yang main belakang seperti bagian authornya hanya bergambar animasi dengan identitas blognya,bukan penulisnya. Untuk yang terang-terangan mencantumkan identitas diri di blog, Sebut saja mas Sugeng. Sosok mas Sugeng ini sangat terkenal dikalangan para blogger karena artikelnya yang membahas seputar blog dan selalu tampil dihalaman pertama. Lalu bagaimana dengan blog punakawanku? Meskipun tidak seterkenal mas Sugeng, tapi puji syukur berkat blog ini banyak yang mulai mengenal saya, tentu mereka yang butuh dengan artikel yang saya sajikan misalnya melalui sosial media. Hampir tiap hari ada saja orang yang kirim email, nambah temen facebook, nambah temen instagram sampai chat di whatsapp. Email, facebook, instagram, dan whatsapp saya cantumkan di blog bagian bawah. Semoga dengan banyaknya pertemanan ini memberikan berkah tersendiri. 

3. Manfaat dan Keuntungan dari segi finansial. 

Uang merupakan alasan utama kebanyakan orang yang terjun ke dunia blogging. Semenjak banyak yang terkenal karena bisa menghasilkan jutaan rupiah perbulan dari blog. Sejak itu banyak yang terjun ke dunia blogging. Ngeblog memang sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai ladang penghasil uang, tapi jika tujuan utama ngeblog karena uang, jelas itu sangat sesat. Ngeblog bukanlah sebatas membuat blog, menulis, pasang iklan kemudian uang datang. Tidak semudah itu kawan, ada banyak hal yang harus dibangun terlebih dahulu. Minimal anda harus konsisten menulis setiap hari selama 3 bulan, agar blog bisa bersaing dan mendatangkan banyak traffik atau visitor. Karena jumlah pengunjung lah yang menentukan besarnya penghasilan dari blog. Lalu dari mana saja uang bisa datang dari blog? 
  • Google adsense, merupakan salah satu jenis periklanan yang sangat diminati oleh para blogger. Agar kita bisa menjadi publisher adsense dan menampilkan iklan di blog. Prosesnya adalah, anda membuat blog, memperbanyak artikel, mendaftarkan ke adsense, jika diterima berarti blog siap di monetize, jika ditolak berarti blog belum siap menjadi publisher adsense. Artinya blog anda belum bisa menghasilkan uang. Sebagai contoh blog yang diterima adsense adalah blog punakawanku ini, disela-sela anda membaca. Akan terlihat beberapa iklan yang jika di klik maka akan memberikan penghasilan kepada saya. Ada banyak jenis periklanan sejenis google adsense, tapi adsense tetap menjadi jenis periklanan terbaik sampai saat ini. 
  • Review dan Content Placement, jika blog yang anda kelola memiliki visitor ribuan dan memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari. Maka tawaran untuk mereview suatu produk akan datang dengan sendirinya. Bedanya review dengan content placement adalah, jika review maka anda menulis artikel sendiri dengan beberapa kalimat dari pengiklan untuk dikembangkan menjadi artikel kemudian diterbitkan dan anda akan mendapatkan fee dengan nominal sesuai kesepakatan. Kalau content placement yaitu, pengiklan sudah menyiapkan artikel. Tugas kita selaku pemilik blog tinggal menerbitkan saja, kemudian dibayar sesuai harga kesepakatan. Puji syukur blog punakawanku sudah dipercaya oleh para pengiklan, baik itu review maupun content placement. Terakhir saya mendapatkan tawaran review dari Blibli.com dan beberapa artikel content placement dari Semalt. 
  • Lomba, perlu anda ketahui bahwa dalam dunia blogging sering kali diadakan lomba. Hampir setiap bulan ada saja lomba yang diadakan, entah itu dari pengiklan seperti Traveloka, Blibli, Produk AC daikin, Pertamina, Karya tulis dll. Hadiahnya pun tak tanggung-tanggung. Minimal laptop hingga uang jutaan rupiah. Sampai saat ini, blog punakawanku memang belum pernah mengikuti lomba, niat saya nunggu usia blog setahun(saat ini masih 7bln). Sambil mengasah kembali kemampuan menulis. Inspirasi saya masalah lomba adalah mas Imawan, blognya adalah menolaklupa.web.id . Saya salut karena 3x berturut-turut telah memenangkan lomba dengan juara 1 semuanya. Wow๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. 

4. Untuk Branding

Saya rasa orang yang punya passion di dunia bisnis dan blog adalah orang yang sangat beruntung. Mengapa? Karena blog sangat bagus untuk membangun branding dan memasarkan produk sampai menggiring para calon customer. Contoh saja salah satu teman saya, namanya Bangizaltoy blognya adalah www.bangizaltoy.com . Bang izal ini memiliki usaha jualan mainan, dari usaha dan hobi ngeblog ini Bang Izal mengkolaborasikannya. Prosesnya seperti ini,  Bang izal selalu membuat artikel seputar bisnis mainan. Contohnya, modal awal bisnis mainan, pusat grosir mainan di jakarta, cara sukses berjualan mainan dll. Semua artikelnya mengarah ke bisnis yang sedang dijalankan. Hasilnya adalah, tanpa melakukan banyak promosi berbayar, Bang izal mampu menggiring para calon pembeli hanya melalui google. Kebanyakan pembeli Bang izal datang karena artikel blognya yang nangkring di halaman pertama google tentang bisnis mainan. Bagaimana? Amazing bukan.

Masih ada banyak kisah blogger sukses dengan mengkolaborasikan usaha dan blog. Tapi cukup Bang izal sebagai contoh. Saya sendiri juga memanfaatkan blog untuk berjualan, tapi prosesnya beda dengan bangizal. Kalau saya blognya langsung saya jadikan e-commerce, silahkan dilihat www.tokojamtangansurabaya.com. Tuh kan langsung promosi, hahahaha.

Keempat poin diatas merupakan manfaat yang luar biasa yang saya rasakan semenjak terjun kedunia blogging. Bagi saya ngeblog itu seperti memelihara binatang, butuh dirawat dan dikasih makan. Perawatannya adalah menjaga traffik, makannya adalah artikel. Hehehe, jadi kalau tidak dibikinin artikel blognya akan mati. Pokoknya ngeblog itu seru banget. Yakin tidak mau ngeblog? 

7 Comments

avatar

Ngeblog juga bisa bikin cekikikan klo disatu forum yang isinya blogger positif mas��....blogger itu ilmuan,blogger itu penulis,blogger itu pencerah,blogger itu apa yah?��
Wkwkwkwk....mantap ni artikel bikin kita inget tujuan awal ngeblog.....��

avatar

Mantap jaya. Memang manjadi blogger itu yang susah konsisten menulisnya :-D

avatar

Bangizaltoy, tambah laris manis, rajin posting dia sekarang :)
Saya mencoba keberuntungan dari segi finansial sajalah. :)

avatar

Bravo untuk blogger๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

avatar

Bener banget mas, tapi sudah bagus lah sudah punya niatan konsisten menulis. Hanya perlu di asah lagi. Hehehe

Bravo blogger๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

avatar

Iya, semangatnya bisa dicontoh.

Hahaha, kayaknya semua blogger mencari keuntungan dari segi finansial mas.

avatar

mantab bang..... walopun uda kerja, tetep konsisten ngeblog juga gue.... btw nama blog nya sodaraan sama punya gue ... puntodewo.com :D

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Punakawanku.
Tinggalkan komentar anda disini...

Klik untuk berkomentar