Cara Cek Kepadatan Kata Kunci Menggunakan Keyword Density

Menempatkan kata kunci serta menyebarkan kata kunci keseluruh bagian artikel merupakan tehnik SEO yang sering digunakan agar artikel cepat terindeks oleh google. Tapi jangan sampai tehnik tersebut justru membuat pembaca blog merasa tidak nyaman dengan banyaknya pengulangan kata kunci. Untuk mengukur standar kata kunci yang baik, anda tidak perlu bertanya kepada pengunjung satu-satu, tetapi google dan mesin pencari lainnya memiliki standar kepadatan kata kunci yang baik.
Keyword density

Pengulangan kata kunci sering dikenal dengan nama Keyword Density. Kepadatan kata kunci yang baik menurut pakar SEO tidak boleh melebihi 5%. Bahkan menurut sebagian pakar SEO kepadatan kata kunci yang melebihi standarnya justru akan memperburuk rating artikel dimesin pencari.
Seach engine memiliki standar masing-masing mengenai Keyword Density ini, Google memiliki standar kriteria5% dalam penempatan kata kunci sedangkan mesin pencari seperti Bing dan Yahoo memiliki standar kepadatan 7%. Oleh sebab itu agar kepadatan kata kunci yang kita terapkan pada sebuah artikel tidak memperburuk kualitas artikel itu sendiri tentu kita harus pintar menyebar kata kunci tersebut.

Menempatkan Keyword Density tidak semudah yang kita bayangkan terlebih bagi blogger pemula. Ditambah lagi algoritma mesin pencari yang selalu berubah. Sehingga penulis blog harus bisa terus mengikuti perkembangan yang ada dalam dunia online terebih tentang algoritma.

Cek Kepadatan Kata Kunci Menggunakan Keyword Density

Untuk membantu kita mengecek kepadatan kata kunci, kita bisa menggunakan Keyword Density Checker yaang bisa kita manfaatkan secara gratis. Caranya cukup mudah, hanya tinggal memasukkan nama blog kemudian kata kunci artikel yang akan kita cek kepadatannya.

Keyword Density Checker


Jika saat anda cek ternyata kepadatan kata kunci pada artikel anda melebihi 5%, tentu kita harus merubahnya dengan cara mengurangi penggunaan kata kunci agar artikel blog lebih SEO. Kedua Keyword Density Checker diatas bisa sangat membantu terhadap kualitas SEO artikel anda. Manfaatkanlah sebaik mungkin karena jarang sekali ada tools yang gratis dengan kualitas untuk meningkatkan SEO.


Demikian ulasan tentang kepadatan kaata kunci yang baik menurut mesin pencari menggunakan Keyword Density Checker.

5 Comments

avatar

informasinya bagus mas dan baru paham aku dengan keyword density.

avatar

Terima kasih gan irvan. Semoga bermanfaat.

avatar

pertanyaannya adalah untuk berapa kata yang disarankan tidak boleh lebih dari 5%. Apakah satu, dua, atau tiga kata?...dan apakah keyword density hanya berlaku di posting/artikel saja ataukah juga berlaku di homepage ?. Satu lagi, apakah keyword density berlaku untuk semua posting yang ada dalam blog? misalnya sebuah blog itu punya 20 postingan, apakah keyowrd density untuk 20 posting itu juga diberlakukan? ataukah hanya per posting saja?.

avatar

Terimakasih mas adam atas pertanyaannya. Jadi begini, setahu saya keyword density itu adalah pengulangan kata/yg kita anggap keyword. Entak kata apapun dan berapapun, tidak boleh terjadi pengulangan sampai 5% dari jumlah kata dalam 1 artikel.

Jadi untuk mengecek, silahkan i tools diatas, copy satu artikel, kemudian paste kan di tools, nanti kata yang sering di ulang akan muncul beserta persentasenya. Seperti gambar saya diatas.

avatar

walah ini dia yang saya cari selama ini ternyata ada disini..
terimakasih mas minmin

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Punakawanku.
Tinggalkan komentar anda disini...

Klik untuk berkomentar